Menghilangkan rasa nyeri pada kaki ibu hamil

Selama masa kehamilan, tak jarang para ibu hamil mengalami pembengkakan pada pergelangan kaki. Kondisi seperti ini merupakan hal wajar. Roger W. Harms pakar kebidanan dari Mayo Clinic mengatakan, banyak faktor yang berkontribusi terhadap pembengkakan pergelangan kaki selama kehamilan (termasuk perubahan hormon).

Pada kondisi ini, untuk pertama kalinya tubuh akan memproduksi dan mempertahankan lebih banyak cairan selama kehamilan. Di samping itu, rahim yang membesar akan menekan pembuluh darah, sehingga mengganggu kembalinya darah ke jantung. Situasi ini pada gilirannya dapat menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi pembengkakan pergelangan kaki saat hamil? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat Anda ikuti, menurut pemaparan Roger :

* Jangan berdiri terlalu lama

Hindari berdiri untuk waktu yang lama, dan jangan menyilangkan kaki. Untuk merilekskannya, Anda juga bisa sesekali memutar pergelangan kaki. Akan lebih baik lagi jika Anda berbaring dengan posisi kaki ditinggikan.

* Tidur menyamping

Jika bisa, tidurlah menyamping ke arah kiri. Posisi ini untuk menekan pembuluh darah vena cava inferior atau vena terbesar yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengangkat sedikit kaki Anda dengan menggunakan bantuan bantal.

* Kenakan stoking kompresi

Untuk mengatasi pembengkakan pada kaki, para dokter biasanya akan menganjurkan kepada Anda untuk mengenakan stoking kompresi. Stoking kompresi (juga dikenal sebagai stoking medis) digunakan untuk mengobati masalah dengan sirkulasi darah dan cairan di kaki.

* Minum banyak air

The Institute of Medicine merekomendasikan sekitar 10 gelas (2,3 liter) cairan sehari selama kehamilan.

* Lakukan aktivitas fisik

Selama kehamilan, ada baiknya Anda melakukan olahraga ringan seperti misalnya berjalan, naik sepeda stasioner atau berenang di kolam renang.

* Berdiri di kolam renang

Beberapa penelitian mengungkapkan tekanan air bermanfaat untuk kaki dan pergelangan kaki bengkak. Berdiri di kolam renang akan membantu mengkompres jaringan pada kaki dan memberikan bantuan sementara terkait pembengkakan selama kehamilan.

* Tetap tenang

Perlu ketenangan bagi ibu hamil dalam mengatasi permasalahan kaki bengkak. Kompreslah daerah kaki yang bengkak dengan menggunakan air dingin. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat kaki teratur bisa membantu menurunkan risiko kaki bengkak selama kehamilan.

Meskipun pembengkakan pada pergelangan kaki selama kehamilan adalah hal yang normal, namun bukan berarti kondisi ini bisa dianggap sepele. Menurut Roger, kondisi seperti bengkak yang terjadi secara tiba-tiba dan hanya terjadi pada satu kaki, harus mendapatkan perhatian serius.

Pembengkakan parah atau tiba-tiba bisa menjadi suatu tanda kondisi serius yang disebut preeklamsia. Tanda-tanda dan gejala preeklamsia di antaranya, sakit kepala, penglihatan kabur dan berat badan yang turun cepat.

Sementara itu, pembengkakan hanya pada satu kaki yang disertai rasa sakit atau nyeri di betis atau paha menunjukkan telah terjadi pembekuan darah. Apabila kedua kondisi terjadi, disarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Share on :

Berlangganan artikel masukan email anda:

Delivered by FeedBurner

 
© Copyright Yukitasantai™ 2011 - Some rights reserved | Editing by Blogger.com and Support by Area Infoku Special to Kereta Mini